Gambar Rangkaian Pneumatik Sistem Kendali Langsung

 Gambar rangkaian pneumatik

Gambar Rangkaian Pneumatik Sistem Kendali Langsung Single Acting Cylinder

Gambar rangkaian pneumatik sistem kendali langsung single acting cylindder. seperti yang kita ketahui bahwa pneumatik adalah :

  • Bahasa : Nafas atau udara
  • Ilmu Pengetahuan : Cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat, gerakan dan tingkah laku udara
  • Otomasi Industri : Merupakan peralatan yang bergerak (linier/putar) dengan menggunakan media udara bertekanan, gerakan tersebut diakibatkan adanya perbedaan tekanan antara sisi masukan dan sisi keluaran.

Sementara sistem kendali langsung pneumatik merupakan sebuah sistem kendali pneumatik dimana elemen masukan secara langsung mengontrol atau mengendalikan serta menggerakan actuator. Selanjutnya, sistem kendali langsung single acting cylinder adalah sebuah sistem pneumatik yang dimana elemen masukan secara langsung mengontrol atau mengendalikan serta menggerakkan actuator yaitu single acting cylinder.

Single acting cylinder merupakan sebuah komponen sistem pneumatik yang berfungsi sebagai aktuator. Dimana single acting cylinder ini memiliki satu buah lubang udara yang berfungsi sebagai lubang masukan ataupun keluaran. Dan pada umumnya single acting cylinder dilengkapi dengan pegas kembali atau spring untuk membuat batang piston kembali keposisi semula.

Berikut Langkah - Langkah Membuat Gambar Rangkaian Pneumatik :

1. Identifikasi Masalah

Perhatikan uraian permasalahan berikut ini !

Sebagai seorang teknisi mesin produksi anda ditugaskan untuk mengoperasikan sebuah mesin press sederhana dengan sistem kendali pneumatik. Prinsip kerja dari mesin press tersebut adalah sebagai berikut, pada saat tombol katup 1.2  ditekan maka batang piston silinder 1.0 akan bergerak maju sampai dengan posisi maksimum. Dan pada saat tombol katup 1.2 dilepas maka batang piston silinder 1.0 akan bergerak mundur sampai dengan posisi semula.

Hasil anaslisis uraian masalah tersebut adalah ada sebuah katup dengan tombol yang digunakan untuk membuat sebuah silinder bergerak dimana katup tersebut akan mengalirkan udara pada saat tombol ditekan.

2. Identifikasi Kebutuhan Komponen

Berdasarkan hasil analisis uraian masalah tersebut diatas maka, kebutuhan komponen berupa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sebuah mesin press dengan sistem kendali pneumatik adalah sebagai berikut,

Part List :

Diagram Alir

Alat

Bahan

Aktuator

Single Acting Cylinder

Tubing

Elemen Kontrol Akhir

-

Fitting

Elemen Proses

-

 

Elemen Masukan

Katup 3/2 NC dengan tombol dan Spring

 

Sumber

Manifold

Air Service Unit

Kompresor

 

3. Penyusunan Tata Letak Komponen

Berdasarkan hasil analisis uraian masalah dan identifikasi komponen pada uraian diatas, maka penyusunan tata letak komponen sistem kendali pneumatik untuk sebuah mesin press adalah sebagai berikut,

Gambar rangkaian pneumatik

4. Menghubungkan Antar Lubang Komponen

Berdasarkan hasil analisis uraian masalah dan identifikasi komponen pada uraian diatas serta penyusunan tata letak komponen, maka hubungan antar lubang komponen sistem kendali pneumatik untuk sebuah mesin press adalah sebagai berikut,
Gambar rangkaian pneumati

5. Kesimpulan

Berdasarkan uraian tersebut maka kesimpulan yang dapat diuraikan adalah mesin press dioperasikan dengan sistem kendali pneumatik. Dimana pada sistem ini karena aktuator yang digunakan adalah single acting cylinder yang hanya memiliki satu buah lubang udara maka diperlukan sebuah katup kontrol arah (KKA) yang hanya memiliki satu buah lubang keluaran yakni KKA 3/2 NC dengan tombol dan spring.
Demikian artikel tentang Gambar Rangkaian Pneumatik Sistem Kendali Langsung Single Acting Cylinder. Semoga dapat bermanfaat dan mudah dipahami oleh teman-teman.

Posting Komentar untuk "Gambar Rangkaian Pneumatik Sistem Kendali Langsung"