Asesmen Bakat Minat (ABM)

Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023

Asesmen Bakat Minat (ABM)


Asesmen Bakat Minat - ini bertujuan untuk mengukur potensi peserta didik pada tujuh (7) aspek kemampuan. Dimulai dari kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal. Selain itu, Asesmen Bakat Minat (ABM) juga bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik baik pada kegiatan atau bidang pekerjaan tertentu. Asesmen Bakat Minat ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk mengenal potensi dan minat peserta didik, dan sebagai alat refleksi. Sehingga penyesuaian terhadap tujuan, cita-cita pada program studi atau bidang pekerjaan tertentu dapat dilakukan lebih terarah.

Bagaimana Pelaksanaan Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023 ?

Asesmen Bakat Minat (ABM) dilaksanakan menjadi dua (2) bagian. Bagian pertama adalah asesmen bakan dan bagian kedua adalah asesmen minat. Asesmen bakat terdiri dari 160 butir soal dengan waktu pengerjaan selama 122 menit. Dimana terdapat empat belas (14) sub bagian dalam asesmen bakat yang memiliki petunjuk dan waktu pengerjaan untuk masing-masing sub bagian. Asesmen minat terdiri dari 108 butir soal dengan waktu pengerjaan selama 30 menit. Di antara asesmen bakat dan asesmen minat terdapat waktu jeda / istirahat selama 5 menit.

Alur Pengerjaan Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023 :

I. Asesmen Bakat

Pada Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023, bagian Asesmen Bakat terdiri dari tujuh (7) aspek kemampuan yang harus dikerjakan oleh peserta didik.

A. Verbal

Pada aspek kemampuan verbal peserta didik akan disajikan oleh pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada keterampilan dalam menggunakan kata-kata secara efektif baik dalam berbicara, menulis, dan memahami bahasa. Kemampuan verbal mencakup beberapa komponen utama, seperti : penguasaan kosakata, tata bahasa, pemahaman konteks, serta kemampuan berkomunikasi dengan jelas dan efektif.

1. Analogi

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan verbal sub bagian analogi peserta didik akan disajikan sebanyak 10 butir soal dengan waktu pengerjaan 5 menit. Berikut Contoh Soal Analogi.

2. Pemahamaan Bacaaan

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan verbal sub bagian pemahaman bacaan peserta didik akan disajikan sebanyak 10 butir soal dengan waktu pengerjaan 10 menit. Berikut Contoh Soal Pemahaman Bacaan.

B. Kuantitatif

Pada aspek kemampuan kuantitatif peserta didik akan disajikan oleh pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada kemampuan untuk memahami, menginterpretasikan dan menggunakan informasi yang bersifat kuantitatif atau berhubungan dengan angka dan data numerik. Kemampuan ini melibatkan pemahaman terhadap konsep matematika, statistika, dan keterampilan analisa data.

1. Deretan Bilangan

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan kuantitatif sub bagian deretan bilangan peserta didik akan disajikan sebanyak 8 butir soal dengan waktu pengerjaan 10 menit. Berikut Contoh Soal Deretan Bilangan.

2. Perbandingan Kuantitatif

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan kuantitatif sub bagian perbandingan kuantitatif peserta didik akan disajikan sebanyak 10 butir soal dengan waktu pengerjaan 10 menit. Berikut Contoh Soal perbandingan kuantitatif.

3. Tabel / Grafik

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan kuantitatif sub bagian Tabel / Garfik peserta didik akan disajikan sebanyak 10 butir soal dengan waktu pengerjaan 12 menit. Berikut Contoh Soal Tabel / Grafik.

C. Penalaran

Pada aspek kemampuan penalaran peserta didik akan disajikan oleh pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada kemampuan berpikir logis atau rasional, serta merujuk pada kapasitas untuk secara sistematis dan kritis memperoleh informasi, menarik kesimpulan, serta membuat keputusan yang cerdas dan rasional. Kemampuan ini melibatkan serangkaian proses kognitif yang membantu peserta didik dalam memahami, menganalisis dan mengevaluasi informasi.

1. Analitis

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan penalaran sub bagian analitis peserta didik akan disajikan sebanyak 8 butir soal dengan waktu pengerjaan 12 menit. Berikut Contoh Soal Analitis.

D. Spasial

Pada aspek kemampuan spasial peserta didik akan disajikan oleh pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada keterampilan dalam memahami, memanipulasi, dan menginterpretasikan informasi yang berkaitan dengan ruang dan posisi objek dalam ruang tiga dimensi. Kemampuan ini mencakup persepsi visual dan pemahaman terhadap hubungan spasial antar objek, serta kemampuan untuk memvisualisasikan dan memanipulasi objek dalam pikiran.

1. Klasifikasi Figural

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan spasial sub bagian klasifikasi figural peserta didik akan disajikan sebanyak 10 butir soal dengan waktu pengerjaan 6 menit. Berikut Contoh Soal klasifikasi figural.

2. Analogi Figural

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan spasial sub bagian analogi figural peserta didik akan disajikan sebanyak 10 butir soal dengan waktu pengerjaan 10 menit. Berikut Contoh Soal analogi figural.

3. Rotasi 3D

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan spasial sub bagian rotasi 3d peserta didik akan disajikan sebanyak 8 butir soal dengan waktu pengerjaan 10 menit. Berikut Contoh Soal Rotasi 3D.

4. Pola

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan spasial sub bagian pola peserta didik akan disajikan sebanyak 6 butir soal dengan waktu pengerjaan 10 menit. Berikut Contoh Soal Pola.

E. Konsep Dasar, Fisika, Gerak, dan Mesin

Pada aspek kemampuan konsep dasar fisika, gerak dan mesin peserta didik akan disajikan oleh pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada pemahaman terhadap prinsip-prinsip fisika yang mendasari pergerakan benda dan fungsi mesin. Seperti : Gaya, Gerak, Massa dan Berat, Momentum, Energi, Percepatan, Gaya Gesek, Gaya Sentripetal, Hukum Kekekalan Energi, Konsep Efisiensi Mesin, dan lain sebagainya.

1. Mekanik

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan konsep dasar, fisika, gerak dan mesin sub bagian mekanik peserta didik akan disajikan sebanyak 10 butir soal dengan waktu pengerjaan 10 menit. Berikut Contoh Soal Mekanik.

F. Penggunaan Bahasa

Pada aspek kemampuan penggunaan bahasa peserta didik akan disajikan oleh pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada keterampilan dalam menggunakan bahasa secara efektif, baik dalam bentuk lisan maupun tertulis. Kemampuan ini melibatkna pemahaman aturan tata bahasa, kosakata, dan keterampilan berkomunikasi untuk menyampaikan informasi, ide, atau emosi kepada orang lain.

1. Melengkapi Kalimat

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan pengunaan bahasa sub bagian melengkapi kalimat peserta didik akan disajikan sebanyak 10 butir soal dengan waktu pengerjaan 5 menit. Berikut Contoh Soal Melengkapi Kalimat.

G. Klerikal

Pada aspek kemampuan klerikal peserta didik akan disajikan oleh pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas administratif atau kantor secara efektif. Kemampuan ini berkaitan dengan pekerjaan administratif, pengelolaan dokumen, dan tugas-tugas kantor sehari-hari. Kemampuan klerikal juga mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan administrasi dan pengelolaan informasi.

1. Akurasi

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan klerikal sub bagian akurasi peserta didik akan disajikan sebanyak 30 butir soal dengan waktu pengerjaan 5 menit. Berikut Contoh Soal Akurasi.

2. Kode Ingatan / Memori

Pada bagian asesmen bakat untuk aspek kemampuan klerikal sub bagian kode ingatan / memori peserta didik akan disajikan sebanyak 20 butir soal dengan waktu pengerjaan 7 menit. Berikut Contoh Soal Kode Ingatan / Memori.

II. Asesmen Minat

Pada Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023, bagian Asesmen Minat terdiri dari 108 butir soal yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan waktu pengerjaan 30 menit. Berikut Contoh Soal Asesmen Minat.

Bacalah petunjuk soal dan alokasi waktu pengerjaan pada setiap sub bagian asesmen dengan seksama. Kerjakan asesmen sesuai dengan alur pengerjaan di atas secara berurutan. Manfaatkanlah alokasi waktu di masing-masing sub bagian asesmen dengan baik.

Demikian artikel tentang Asesmen Bakat Minat (ABM). Semoga dapat bermanfaat dan mudah dipahami oleh teman-teman. Salam hangat www.belajarpraktis.com

Posting Komentar untuk "Asesmen Bakat Minat (ABM)"