Wednesday , 23 April 2014
Breaking News

Mendengarkan Pidato




Anda tentunya pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dalam berbagai acara. Saat acara dilaksanakan biasanya ada kata sambutan dari pihak panitia, pejabat pemerintah, ataupun orang yang dihormati.

Misalnya, dalam acara kegiatan di sekolah, kepala sekolah atau ketua panitia memberikan sambutan. Bahkan, dalam acara resmi tingkat nasional atau internasional pun selalu ada sambutan dari orang-orang atau pejabat tertentu.

Anda tentu pernah mengikuti acara-acara resmi yang diadakan di sekolah atau acara resmi lainnya. Di setiap awal acara itu, biasanya diisi sambutan atau pidato oleh ketua pelaksana atau pihak-pihak terkait dalam rangka memaparkan latar belakang, maksud, serta tujuan penyelenggaraan acara tersebut.

Kegiatan memberikan sambutan disesuaikan dengan situasi saat acara dilangsungkan. Dalam hal ini, seseorang yang memberikan sambutan harus memahami hal-hal yang dia kemukakan termasuk orang yang hadir. Selain itu, perhatikan pula panjang-pendeknya sambutan yang akan kita sampaikan. Jangan sampai sambutan yang kita berikan mengganggu acara inti. Begitu pula bahasa dan gerak tubuh harus menunjang pembicaraan. Dalam memberi sambutan, tidak bedanya dengan kita menyampaikan pidato. Lafal, intonasi, nada, dan kejelasan pengucapan harus sesuai.

Kegiatan mendengarkan merupakan kegiatan yang berproses dan memiliki tahapan-tahapan sebagai berikut.

1. Tahap Mendengar

Pada tahap ini kita mendengar segala sesuatu yang disampaikan pembicara.

2. Tahap Memahami

Pada tahap ini, kita harus mengerti dan memahami dengan baik isi pembicaraan yang disampaikan.

3. Tahap Menginterpretasi

Penyimak yang baik akan mencoba menginterpretasikan isi dan butir-butir pendapat yang terdapat dalam uraian itu.

4. Tahap Mengevaluasi

Setelah menafsirkan, kita dapat menilai atau mengevaluasi pendapat serta gagasan sang pembicara.

5. Tahap Menanggapi

Tahap ini merupakan tahap akhir. Kita dapat menyampaikan tanggapan berupa menyambut, menyerap, serta menerima gagasan yang dikemukakan.

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memberikan penilaian terhadap isi dan cara penyampaian pidato. Hal ini berkaitan dengan perhatian dan kekritisan Anda saat teman menyampaikan pidato yang disampaikannya. Penilaian Anda terhadap isi pidato yang disampaikan menyangkut hal-hal berikut:

1. intonasi;

2. lafal;

3. jeda;

4. tempo;

5. sikap tubuh;

6. pandangan;

7. kejelasan penyampaian isi pidato;

8. penguasaan audiens atau hadirin.